Klaim Dibalas Pembatalan Polis

Dari Kompas Interaktiv, http://64.203.71.11/kompas-cetak/0709/06/opini/3814250.htm

Terkait dengan pembatalan polis asuransi Prudential (Nomor: 23844947) oleh Prudential, sebagai nasabah saya dirugikan karena kelalaian agen, dalam hal ini unit manager, yang melakukan pengisian SPAJ dengan tidak menuliskan riwayat hipertensi suami sebagai tertanggung, seperti sudah disampaikan pada saat wawancara secara rinci sampai pada obat yang dikonsumsi.

Saat suami saya mengalami serangan jantung dan melakukan klaim, yang kami dapatkan adalah surat pemberitahuan pembatalan transaksi dan polis dari Prudential. Meskipun sudah bertemu dengan pihak agen (RJ kode 0005397), unit manager (EP kode 00004026), serta pihak Prudential diwakili bagian legal (Bapak Reno) dan bagian klaim (Bapak Yudi) pada 10 April 2007 di Kantor Pusat Prudential, saat itu unit manager yang bersangkutan mengatakan, ada kesalahan manusia (human error) di sini. Sebab, agen yang mengisi SPAJ berpikir yang bersangkutan hanya minum obat hipertensi apabila sedang stres karena banyak pekerjaan.

Namun, polis tetap dibatalkan, klaim ditolak. Selain itu, yang sangat disayangkan, agen serta unit manager terkait masih bebas mencari nasabah baru tanpa ada sanksi. Kenyataan adanya kelalaian seseorang dinihilkan tanpa ada sanksi, padahal ada pihak lain yang menanggung kerugian karena kelalaian ini. Sebagai perbandingan, seorang dokter bisa dikenakan sanksi kode etik kedokteran apabila melakukan malapraktik. Namun, untuk agen asuransi yang lalai, sehingga merugikan nasabah secara moril dan materiil, tak ada sanksi yang diberikan oleh perusahaan sekaliber Prudential dengan nama besarnya.

Setelah pertemuan tersebut, saya telah beberapa kali mengirimkan surat keberatan kepada Prudential (pada 22 Maret 2007, 12 Juni 2007, dan 27 Juli 2007). Namun, sampai saat ini belum mendapat tanggapan.

Pihak Prudential bersikap lepas tangan dan tidak mau turut bertanggung jawab terhadap kelalaian yang dilakukan oleh unit manager yang menjual produknya. Padahal yang bersangkutan telah mendapatkan pelatihan (training) dan memegang izin dari Prudential untuk mencari nasabah. Dan keputusan yang diambil tidak mempertimbangkan fakta ada kelalaian yang dilakukan oleh orang Prudential sendiri. Daisy A Kumayas Jalan Pratama 3/S 12, Bekasi

One Response to “Klaim Dibalas Pembatalan Polis”

  1. Effendy Sitorus Says:

    Sama bu, klaim saya ditolak aja sudah sebulan lebih sejak pengajuan tidak ada surat resmi dari prudential. Hanya lisan oleh agent-nya. Gak profesional layaknya perusahaan tak berbadan hukum. Prudent apanya??????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: